Penanggulangan Hama dan Penyakit Pada Ikan



kebanyakan petani ikan di kita kurang memperhatikan jenis penyakit ini mereka menganggapnya hanya penyakit biasa, padahal ini bisa berakibat patal untuk kelangsungan budidaya, rekan-rekan harus sedikit teliti apalagi menghadapi musim hujan ke musim panas dan sebaliknya, karena pada saat inilah penyakit suka menyerang ikan-ikan kita. biasanya kalau ikan mulai terserang dapat kita lihat dari ciri fisiknya, misalnya perutnya sedikit kembung

Cara Penanggulangan Penyakit Ikan 

Penyakit ikan ini tidak datang begitu saja, tapi lebih banyak disebabkan oleh faktor-faktor kelalayan kita juga, misalanya : 
1.   Faktor Lingkungan (airnya yang kurang sehat)
2.   Bibit ikan yang kurang baik
3.   Jasad penyakit
Melakukan Pencegahan
a) Memebersihkan Kolam 
Membersihkan kolam dimaksudkan untuk membersihkan parasit, jamur, virus, bakteri yang ada di dalam kolam. nah cara pembersihan ini bisa dilakukan dengan cara pengeringan kolam, atau menggunakan bahan kimia yang biasa digunakan.

b) Membersihkan Peralatan yang biasa dipakai 
biasanya dalam budidaya kita selalu menggunakan beberapa peralatan bantu seperti ember, sair, ayakan, plastik dan lain sebagainya, jangan anggap remeh alat bantu ini karena peralatan ini bisa menjadi jalan atau sumber dari masuknya penyakit ke kolam budidaya kita, untuk menyeterilkan peralatan ini rekan-rekan bisa mencelupkannya ke larutan PK atau sering disebut Obat Biru.
c) Membersihkan Ikan peliharaan kita
untuk cara ini kita bisa melakukan pemisahan ikan atau biasa disebut karantina, karantina bisa dilakukan dalam beberapa hari, dengan teknik ini kita bisa mengetahui apakah ikan kita ini bersih dari penyakit atau ada gejala-gejala terserang penyakit. kalau menunjukan terserang kita bisa segera mengantisipasinya.
d) Membersihkan Benih sebelum ditebar kedalam kolam 
ini merupakan hal penting juga karena benih inilah yang menentukan kelangsungan hidup ikan selanjutnya, teknik pencegahan dengan pembersihan benih ini bisa dilakukan saat benih mau ditebar kita rendam dulu benih dengan garam dapur sebanyak 10g/liter air selama 15/30 menit, atau bisa juga menggunakan Kalium Permanganat (PK) dengan dosis 4mg/liter air selama 30 menit.
e) Meningkatkan Kekebalan ikan yang kita budidaya
Teknik ini sebenarnya sudah biasa dilakukan oleh para pembudidaya seperti menyuntikan vaksin ketubuh ikan, atau bisa juga dengan merendam ikan dengan larutan vaksin dan lain-lain atau bisa juga dengan memberikan obat-obatan herbal alami, 

0 Response to "Penanggulangan Hama dan Penyakit Pada Ikan"

Posting Komentar